Friday, November 15Info Ketersediaan Kamar

Risiko Tubuh Ketika Kelebihan Kolesterol


Kolesterol merupakan zat lunak yang mirip seperti lemak, biasanya berada di dalam seluruh bagian tubuh. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh agar organ-organ dapat bekerja dengan baik. Namun, jika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebihan bisa menyebabkan penumpukan di dinding-dinding arteri. Inilah yang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit, karena aliran darah di pembuluh nadi terhambat. Dalam artikel ini akan dijelaskan jika kamu memiliki risiko tubuh kelebihan kolesterol.

Risiko Kolesterol Tinggi
Jika jumlah kolesterol sudah menumpuk di dinding arteri, akibatnya aliran darah di pembuluh nadi, jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya menjadi terhambat. Dengan kata lain, jika kadar kolesterol tinggi maka berisiko terjadi penyempitan arteri, penggumpalan darah, strok, dan serangan jantung mendadak.
Orang yang kadar kolesterolnya tinggi biasanya mengalami rasa sakit di bagian dada depan atau di lengan. Biasanya dipacu oleh stres atau aktivitas fisik yang terlalu berat. Gangguan kolesterol bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, terlalu banyak pikiran, kurang asupan makanan yang bernutrisi seperti buah dan sayuran, jarang berolahraga, dan lain sebagainya. Selain itu kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Cara Mencegah Kolesterol
Solusi untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, melakukan olahraga rutin agar berat badan tetap normal, hindari merokok, dan minum minuman yang mengandung alkohol.

Semoga artikel ini dapat menambah referensi dan bermanfaat.

Sumber : https://www.sidomunculstore.com/blogs/artikel-kesehatan/risiko-tubuh-ketika-kelebihan-kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *