Kesehatan

5 Langkah Efektif untuk Cegah Penyebaran Varian Omicron

Varian Omicron (B.1.1.529) merupakan salah satu satu Varian of Concern (VoC) virus SARS-CoV 2. Menurut WHO disebutkan tingkat penularan varian Omicron lebih cepat dibandingkan varian delta. Selain potensi penularan yang lebih cepat, varian Omicron dapat menyebabkan penurunan kemampuan kekebalan serta bukti awal peningkatan risiko reinfeksi jika dibandingkan dengan varian lainnya.

 

Cara penularan

Penularan terjadi melalui droplet atau percikan ludah (saat berbicara, batuk, atau bersin) yang masuk langsung ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut, atau jika tangan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah (mata, hidung, mulut).

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang akan dirasakan oleh pasien apabila terpapar Covid-19 varian Omicron, yaitu :

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Flu
  4. Sakit tenggorokan

Empat gejala Omicron diatas merupakan gejala umum bagi pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan segerakan melakukan tes PCR/Swab Antigen untuk mendapatkan kepastian dari penyakit yang diderita.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran varian Omicron di Indonesia, diantaranya adalah :

  1. Menggunakan masker dengan benar
  2. Menjaga jarak minimal 1 meter dan menjauhi kerumunan
  3. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  4. Buka jendela, untuk ventilasi yang lebih baik
  5. Segera melakukan vaksinasi apabila dalam kondisi sehat dan telah mendapatkan jadwal.

Sumber :

  1. https://promkes.kemkes.go.id/5-langkah-efektif-untuk-cegah-penyebaran-varian-omicron
  2. https://promkes.kemkes.go.id/cegah-penyebaran-omicron-melalui-pengenalan-gejala

Leave a Reply

Your email address will not be published.