Friday, November 15Info Ketersediaan Kamar

18 Makanan untuk Menjaga Asam Urat Pada Tingkat Normal

Kehadiran asam urat tinggi dalam aliran darah dapat menyebabkan penykit asam urat, atau disebut juga dengan rematik. Untuk mencegah kondisi ini, sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan makan Anda.

Makan yang sehat dan pengobatan yang tepat, dapat membantu mempertahankan asam urat pada tingkat normal. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang harus Anda tambahkan dalam makanan untuk menjaga asam urat pada tingkat normal.

Salah satunya adalah dengan menambahkan apel ke dalam makanan sehari-hari. Karena mereka diperkaya dengan asam malat, juga menetralkan asam urat dalam aliran darah. Lalu selain makanan apa saja?

18 Makanan untuk menjaga asam urat tetap normal
Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk menjaga asam urat agar tidak naik, dikutip dari khabar hub:

1. Sari cuka apel
Asupan sari cuka apel juga bermanfaat bagi orang yang menderita asam urat tinggi. Anda bisa menambahkan 3 sendok teh cuka ke dalam 1 gelas air. Anda dapat meminumnya 2-3 kali setiap hari. Minum cuka sari apel membantu mengobati kondisi asam urat tinggi.

2. Jus kacang Prancis
Minum jus kacang Perancis yang diekstrak, adalah obat rumah yang efektif untuk mengobati asam urat. Jus sehat ini harus dikonsumsi dua kali sehari, karena mencegah produksi asam urat tinggi dalam darah.

3. Air
Alasan lain untuk mengonsumsi air yang cukup sepanjang hari, adalah membantu membuang racun dari tubuh termasuk kelebihan asam urat. Jadi, minumlah setidaknya 8-9 gelas air setiap hari.

4. Ceri
Buah Ceri
Ceri memiliki zat anti-inflamasi yang disebut sebagai anthocyanin, itu membantu dalam mengurangi kadar asam urat. Mereka juga mencegah asam urat mengkristal dan disimpan di sendi. Alasan lain mengapa Anda harus mengonsumsi buah ceri adalah, menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit.

5. Beri
Konsumsi buah beri, terutama stroberi dan blueberry. Diperkaya dengan sifat anti-inflamasi, buah bermanfaat untuk mencegah kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

6. Jus sayuran segar
Jus sayuran segar.
Minum jus wortel dan tambahkan jus bit dan jus mentimun di dalamnya. Adalah obat yang efektif untuk mengobati asam urat tinggi dalam darah.

7. Produk susu rendah lemak
Cara lain untuk mengobati asam urat tinggi adalah dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak dalam makanan Anda. Gunakan susu rendah lemak dan dadih dan cegah asam urat tinggi dalam darah.

8. Jeruk nipis
Karena jus jeruk nipis mengandung asam sitrat, pelarut asam urat, menambahkannya ke dalam diet harian Anda sangat membantu dalam mencegah tingginya kadar asam urat. Peras setengah jus jeruk nipis dalam segelas air dan minum setiap hari.

9. Makanan yang diperkaya vitamin C
Jeruk kumquat.
Makanan yang diperkaya dengan vitamin C, adalah cara lain untuk mempertahankan kadar asam urat. Makanan-makanan ini menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh. Termasuk makanan seperti kiwi, amla, jambu biji, kiwi, jeruk, lemon, tomat dan sayuran berdaun hijau lainnya.

10. Minyak zaitun
Masak makanan Anda dengan minyak zaitun. Ini adalah awal yang sehat karena mengandung sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi.

11. Benih seledri
Benih Seledri
Salah satu pengobatan rumah paling populer untuk mengobati kadar asam urat yang tinggi adalah, dengan mengonsumsi biji atau benih seledri.

12. Kacang pinto
Kacang pinto sarat dengan asam folat yang membantu menurunkan asam urat secara alami. Anda juga bisa makan biji bunga matahari dan lentil untuk mengurangi risiko tingginya kadar asam urat.

13. Makanan tinggi serat
Menambahkan makanan yang tinggi serat, membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Mereka menyerap asam urat dari aliran darah dan membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh melalui ginjal. Jika Anda telah didiagnosis memiliki asam urat tinggi, tingkatkan konsumsi serat larut makanan seperti gandum, apel, jeruk, brokoli, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, dan jelai.

14. Pisang
Pisang harus dimasukkan ke dalam makanan harian Anda, karena bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat berlebih.

15. Teh hijau
Cara lain untuk mengobati asam urat tinggi adalah dengan mengonsumsi teh hijau setiap hari. Ini membantu dalam mengendalikan hiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi dan juga menurunkan risiko terkena asam urat.

16. Biji-bijian
Biji-bijian memiliki sifat lebih basa. Anda bisa mengkonsumsi banyak biji-bijian, salah satunya jowar dan bajra.

17. Tomat, Timun, dan brokoli
Brokoli.
Nikmati tomat, mentimun, dan brokoli sebelum Anda mulai makan. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah pembentukan asam urat tinggi dalam darah. Sifat basa mereka membantu menjaga asam urat dalam aliran darah.

18. Omega 3
Tambahkan asam lemak omega 3. Anda bisa mendapatkannya dalam biji rami, ikan seperti salmon, mackerel, herring, sarden dan walnut karena mereka membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan!

Sumber :

https://www.ikutrame.com/2019/09/18-makanan-menjaga-asam-urat-normal.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *